Personal Blog

Senin, 07 Mei 2018

Ramadan Ekstra: Tips Belanja Online Hemat Selama Bulan Ramadan


Tiap bulan Ramadan sudah dekat, biasanya di keluarga gue enggak terlalu mikirin buat beli ini-itu, mulai dari makanan, baju-baju buat lebaran nanti, atau  juga kebutuhan-kebutuhan lain. Yg akhirnya, pas ramadan tiba, pasti serba mendadak beli ini itu, harus repot-repot pergi ke supermarket atau toko baju, ngantri di kasir berjam-jam karena saking banyaknya yg beli, dan yg repotnya gue sendiri yg disuruh ngantri bersama ibu-ibu yg pada beli sayuran, resmilah gue sebagai cowok yg terlihat keren di mata mereka, mungkin sebagaian ibu-ibu itu ada yg berpikir, “wah baik banget ya anak muda ini, cocok nih jadi mantu!” atau juga ada ibu-ibu yg berpikiran, “masih muda udah belanja beginian, pasti nikah muda nih, kebablasan pacarannya, hih!!”. Tidak, tidak! gue gak kayak gitu!! T_T

Lagi ngantri malah kebelet pengen pup, ya huft!

Kayaknya, gue udah malas deh kalau harus ngantri-ngantri di kasir yg beli barang-barangnya enggak seberapa, iya kalau Ramadan tahun lalu sering kayak gitu, pergi bareng ibu ke supermarket, pulang-pulang bawain barang-barang, repot banget deh. Kalau Ramadan tahun ini, gue memutuskan untuk mengurangi belanja yg serba antri itu, gak lagi-lagi Ramadan menjadi ekstra ribet, tapi gue mau Ramadan kali ini ini menjadi ekstra simple dan harus rajin-rajin nyari diskon. Muahahaha

Berhubung Ramadan tahun ini gue sudah merencanakan untuk dijadikan Ramadan Ekstra Hemat dan gak bikin kantong kering, maka mulai dari sekarang gue merencanakan untuk belanja-belanja dari rumah saja, karena sudah banyak situs jual beli online kan?, dan gue memutuskan untuk belanja Ramadan Ekstra di Tokopedia.

O ya, kalau belanja di toko online gitu biasanya gue suka memperhatikan dulu sih, gak asal beli gitu aja. Mending gue bagikan saja kali ya tips-tips belanja online hemat kebutuhan bulan Ramadan Ekstra di Tokopedia, berikut diantaranya:

Bandingkan harga setiap toko online di Tokopedia
Memiliki banyak toko online berkualitas, Tokopedia memungkinkan kita untuk membandingkan harga berbagai produk kebutuhan dengan lebih mudah. Cukup cari produk yg dibutuhkan, ribuan produk dengan berbagai harga siap untuk dibeli. Untuk menghemat pengeluaran belanja online saat ramadan, cukup pilih produk dengan harga tepat dan spesifikasi yg pas.

Pilih produk berkualitas dari kreator lokal
Untuk membuat Ramadan Ekstra, bukan berarti harus selalu gunakan barang branded dengan harga selangit. Tokopedia, e-commerce dengan produk terlengkap memiliki  koleksi berbagai produk hasil kreasi kreator lokal maupun brand terkenal dunia. Hemat pengeluaran belanja kita di bulan Ramadan dengan memiliki produk kreasi dari kreator lokal yg hadir dengan kualitas bersaing namun dengan harga yg lebih miring.

Cari toko online terdekat
Saat berbelanja online, komponen biaya yg tak boleh terlupakan adalah biaya ongkos kirim (ongkir). Pilihlah toko online yg lokasinya paling dekat dengan lokasi kita untuk mengurangi ongkir berlebihan. Di Tokopedia, kita dapat mengetahui lokasi toko online secara detail sehingga kita dapat memilih toko online dengan lokasi terbaik.

Pilih cara pembayaran yg tepat
Salah satu kemudahan berbelanja online di Tokopedia adalah dalam hal cara pembayaran. Berbagai metode pembayaran dapat kita gunakan mulai dari Saldo Tokpedia, transfer bank, kartu kredit, cicilan, hingga pembayaran melalui minimarket. Memilih metode pembayaran yg sesuai dengan kondisi keuangan tentu dapat menghemat pengeluaran saat berbelanja online.

Pilih metode pengiriman paling efisien
Dalam melakukan pengiriman barang yg kita beli, Tokopedia memberikan beberapa alternatif pengiriman, mulai  dari pengiriman secara konvensional hingga kurir instan melalui jasa transportasi online. Dalam memilih metode pengriman ini, kita dapat membandingkan biaya ongkos kirim terbaik diantara metode pengiriman yg ada untuk menghemat belanja online kita.

Manfaatkan promo dan diskon
Promo atau diskon memberikan pengaruh yg signifikan untuk mengehmat pengeluaran kita dalam berbelanja online. Di bulan Ramadan kali ini,  Tokopedia memberikan kesempatan baru bagi pembeli dalam menikmati bulan Ramadan. Dengan rangkaian promo sepanjang bulan Ramadan yg bisa kita gunakan untuk buat ramadan kali ini makin Ekstra.

Makin Ekstra lagi, masih ada rahasia kejutan pada 25 Mei dari Tokopedia yg akan membuat RamadanEkstra menjadi lebih Ekstra! Layaknya festival belanja online “Black Friday”.

Kejutan 25 Mei!

Kejutan seperti apa sih yg bakal buat pengalaman belanja online di bulan Ramadan Ekstra ini jadi lebih spesial? Udah gak sabar rasanya nungguin tanggal 25 Mei nanti. Apakah bakalan ada diskon gede-gedean buat baju lebaran, gratis ongkir, atau dapet vocher gratis  selama bulan ramadan? Huhu, pengennya sih gitu. Kita tunggu aja ya.

O ya, tadi gue sudah memberikan beberapa tips belanja online hemat kebutuhan bulan Ramadan Ekstra di Tokopedia, kira-kira temen-temen punya tips lain gak biar belanja online di bulan ramadan makin gampang dan hemat? Kalau ada, boleh tipsnya tulis dan bagikan di kolom komentar di bawah.

____

Sumber gambar
1. http://www.bmc.com/blogs/if-it-departments-were-like-self-service-check-out-lines/
2. https://giphy.com/explore/slamet

4 komentar:

  1. Kalau di keluarga lu nggak mikirin soal itu, ibu saya malah sering banget nanya, "Lebaran nanti mau beli baju koko baru gak?" Setiap kali saya jawab "Nggak usah, pake yang lama masih bagus", seringnya tetep dibeliin minimal satu. Entah mengapa, mungkin udah kebiasaan dari kecil kalau Lebaran beli baju baru.

    Gak ada tips-tips saya mah, Yan. Intinya jangan sampai khilaf sama diskon. Beli yang sesuai kebutuhan aja. Ehe. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena kebiasaan orang indo sejak dulu kali ya, tiap lebaran identik dengan baju baru.

      kalau soal itu, saya juga kadang gak pake baju baru kalau lebaran.. ha walaupun ada. hehe.

      Tips dari Yoga: Jangan sampai hilaf.

      catet!

      Hapus

Terserahlah kau mau ngomong apapun, bebas.

Copyright © Dian Hendrianto

Design by Anders Noren | Theme by NewBloggerThemes.com | Edit By DND