Sabtu, 19 Mei 2018

Anti Was-Was, Ini Daftar Jajanan Halal di Korea Selatan

Bicara tentang Korea, yg paling terkenal adalah drama-drama dan K-POP, bahkan pada tahun 2016 gue sempat kecanduan nonton Drama Korea, menunggu episode selanjutanya tayang adalah kegiatan yg membosankan, tapi tetap saja ditunggu. Ya, bagi pencinta drama korea perihal menunggu adalah bukan sesuatu yg asing lagi, sama seperti halnya menunggu gebetan yg lama jawab ungkapan cinta. Uhuk! Dari beberapa drama-drama yg gue tonton, biasanya mereka sekaligus mempromosikan beberapa hal tentang Korea Selatan itu sendiri.

Cara promosi wisata Korea Selatan selayaknya dicoba Indonesia. Mereka menyisipkan konten-konten tersebut di berbagai bidang, mulai dari membuat drama Korea bersetting tempat wisata, reality show lucu dengan tema makanan, beserta lagu-lagu yang memiliki irama sangat ramah di telinga. Tidak heran seiring promosi gencar dari Korea Selatan, kini semakin banyak warga Indonesia yang berbondong-bondong membeli paket wisata naik Korean Air ke sana. Masyarakat Korea Selatan pun menyambut kedatangan wisatawan dari negara muslim terbesar seperti Indonesia dengan pilihan jajanan versi halal yang bisa dicicipi saat traveling ke sana. Gue sendiri sangat tertarik dengan beberapa pilihan jajanan halal jika suatu hari bisa menginjakan kaki di Korea Selatan. Apa saja? Berikut diantaranya:



Bungeoppang

foto:pikeletandpie.com

Hampir di setiap sudut kuliner Korea Selatan menyajikan jajanan bungeoppang yang berbentuk seperti ikan. Dengan isian pasta kacang merah, jajanan manis ini biasanya dijual hangat-hangat untuk menemani jalan-jalan. Kalau di Indonesia, mungkin seperti pancake tapi dibentuk ikan dengan rongga di dalamnya. Kulitnya garing dipadu isian yang lumer, jajanan halal ini harganya pun murah sekali. Bisa menghemat anggaran untuk membeli tiket Korean Air pulang pergi ke Indonesia.

Kimbab

foto:beautynesia.id

Jalan-jalan ke Korea Selatan tapi tidak mencicipi kimbabnya langsung di sana? Gak usah khawatir, karena ada beberapa versi isian kimbab yang halal untuk dicoba seperti kimbab tuna. Jajanan yang bentuknya seperti sushi dari Jepang ini berisi potongan wortel, acar, daging kepiting dan alpukat yang dibungkus dengan lembaran rumput laut. Beberapa versi halal kimbab juga bisa ditemukan di minimarket dan biasanya diberi label biru, ingat jangan pilih yang pink dan ungu ya.

Tteokbokki

foto:wikipedia.org

Di tayangan drama dan acara televisi Korea Selatan, tteokbokki biasanya dibeli ketika mereka sedang jalan-jalan di pasar. Hangat mengepul, tampak merah dan pedas menggoda, cara makannya pun seperti sangat nikmat. Di negara asalnya,  Tteokbokki memang banyak ditemukan di berbagai sudut kota. Terbuat dari kue beras, bakso ikan dan kuah kaldu, yang dipadu dengan pasta cabai khas Korea Selatan. Hati-hati jangan terlalu tinggi berekspektasi saat mencobanya. Kebanyakan yang tampak merah pedas di Korea Selatan tidak sepedas citarasa cabai yang biasa dikonsumsi di Indonesia.

Bingsu

foto:pinkypiggu.com

Es kepal milo mungkin sedang meraja. Tapi Bingsu pernah menjadi favorit masyarakat Indonesia pada masanya. Es serut khas Korea Selatan ini bisa jadi jajanan halal andalan ketika kamu ke sana. Dengan porsinya yang besar serta variasi topping yang dilengkapi menu khas kacang merah manis, siapapun pasti akan susah menolaknya.

Susu Pisang

foto:wikipedia.org

Satu lagi jajanan Korea Selatan yang biasanya membuat wisatawan ketagihan, sebotol banana milk atau susu pisang. Tidak ada bahan non halal yang ditambahkan dalam kemasan banana milk ini menurut pengalaman beberapa wisatawan yang mengaku ketagihan. Beberapa merk juga sudah mendapat sertifikasi halal sehingga aman untuk diminum. Ingin membawa banana milk sebagai oleh-oleh? Pastikan dikemas rapi dan dibungkus berulangkali sebelum dimasukkan ke bagasi Korean Air.

O ya, kalau kalian ada kesempatan datang ke Korea Selatan, boleh dimasukkin daftar jajanan halal di Korea Selatan ini dalam agenda wisata kuliner kalian juga ya. Agar tidak bingung mau memilih makan apa setibanya di sana menumpang Korean Air yang nyaman. Yuk rencanakan dengan cermat rencana jalan-jalanmu ke Korea Selatan.
Share:

4 komentar:

  1. KENAPA GUA BACA INI PAGI-PAGI SIH. SETAN

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya kalo malem-malem berarti bacanya malem-malem. hmmm

      Hapus
  2. es cendol kok gak masuk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin itu adanya di korea utara

      Hapus

Karena akhir-akhir ini banyak komentar spam yg masuk, jadi kolom komentar ini terpaksa gue moderasi. Tapi tenang aja, komentar kalian bakalan cepet-cepet gue publikasi kok. Terima kasih :) - @dianhendrianto