YANG BIASA AJA!

Kamis, 01 Februari 2018

WISGR, Main Game Dari Guklabs

Guklabs Studio

Dulu, pas gue kecil, pas jamannya game konsol baru ada di Indonesia, gue sering banget main ke rumah temen yg punya Nintendo atau PlayStation, alasannya sih cuma satu; biar diajak main, walaupun mainnya cuma game Mario Bros, atau lebih membahagiakan lagi main Metal Slug, dan itu juga yg membuat gue perlahan namun pasti meninggalkan permainan yg biasa gue mainkan sehari-hari, yaitu main gundu. :’)

Makin ke sini, industri game makin berkembang, didukung dengan internet yg udah stabil, udah kenceng, ditambah game-game yg banyak sekaligus bisa dimainkan dari smartphone. Nah, seiring dengan  pertumbuhan smartphone di dunia maupun Indonesia saat ini, pasti turut andil besar dalam mendorong perkembangan industri game tanah air, baik itu dari sisi produsen maupun konsumen. Dan contoh kecilnya gue sendiri yg enggak perlu tuh main ke rumah temen yg cuma buat main game Mario sama Tetris, karena bisa main game secara online di rumah, atau kalo bosen, main game Final Fantasy, DotA dan lainnya di warnet bareng temen. Itu beberapa tahun yg lalu ya, saat gue doyan main game yg ternyata dari luar negeri, lho? lalu gimana game-game dari Indonesia sendiri?

Ada kok, sebenarnya di Indonesai juga ada developer game, banyak malah, seperti beberapa waktu yg lalu gue sempet dateng ke acara launching game dari salah satu developer game lokal, yaitu Agate Studio, dari sana gue baru tau kalau developer game dari Indonesia itu emang ada dan banyak, selain yg disebutkan tadi, juga ada beberapa diantaranya yaitu Digital Happines, Tinker Game Alegrium dan tentunya masih banyak lagi.



Nah, baru-baru ini juga, gue baru tau ada satu developer game (startup) baru dari Indonesia namanya Guklabs, yg bentar lagi rilis game atau projek pertamanya yaitu WISGR. WISGR ini berupa game dengan genre action adventure. Contoh game action adventure itu kalo jaman dulu kayak Mortal Kombat kali ya, atau seperti Resident Evil, Assassin Creed dan sejenisnya. Guklabs ini juga ternyata digawangi oleh anak-anak muda yg telah berpengalaman  dan berkompetensi di bidangnya.

Melalui WISGR ini, Guklabs berusaha mengajak para gamers merasakan pengalaman bermain yg baru dan fantasi yg berbeda. Kekuatan game WISGR ini terletak pada story dan gameplay-nya. Story yg benar-benar original yg gak bakalan dijumpai di games sejenis sebelumnya, dan game ini juga dirancang oleh orang-orang yg berpengalaman di bidangnya. Kalo ngaku gamers, wajib dimainkan sih ini game.



Selain itu, Guklabs juga memberikan Twist Story yg sangat menarik sehingga kalo kamu memainkannya bakalan diberikan kejutan-kejutan menarik sepanjang permainan. Buat yg penasaran, kemarin juga Gublaks Studio baru merilis demo game-nya pada bulan Januari 2018 ini, kamu bisa mencobanya langsung dari link ini; www.wisgr.guklabs.com. Buat yg masih penasaran atau kalo mau tau lebih lanjut perkembangan game ini, bisa follow akun sosial media-nya guklabs pada Facebook, Twitter dan Instagram di @guklabs.


Mungkin memang benar pada tahun 2000-an ke-bawah perkembangan game lokal ini agak lambat karena keterbatasan penggunaan game yg saat itu hanya bisa digunakan dengan gameplay sederhana, tapi saat ini dengan pesatnya kemajuan teknologi, banyak game-game online yg bisa didapat di mana saja, warnet salah satunya, itu membuat developer game lokal juga pertumbuhannya juga semakin baik kok, salah satunya guklabs ini. Keren deh para developer game lokal ini.


11 komentar:

  1. Eh jangan bilang lo kerja di sana yan? Gue tahu sih itu Agate dan pernah pengin nyoba ngelamar di sana. Muahahah. Tapi kalo Guklabs ini belum pernaah. \:p/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, enggak, Di.

      Guklabs ini soalnya masih baru, dan WISGR ini juga kan projek pertamanyanya :D

      Hapus
  2. Agate itu yang dateng bareng Oji kan, Yan? Game Anak Saleh?

    Ketika temen-temen main Mobile Legends atau Garena, saya malah nggak ada satu pun permainan di ponsel. Jadi, kalau nongkrong bareng, saya bloon sendirian. Ya, keadaan ponsel saya kayak gitu. Haha.

    Metal Slug ini selalu asyik euy~ Di laptop masih suka main kalau lagi jenuh nulis. Asyik nembakin orang dan nolong kakek-kakek yang ngeluarin senjata dari kolornya. Wqwq. Tapi, saya lagi kangen-kangennya maen Harvest Moon PS2. Segala rusak lagi tuh PS. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Yog, pas sama Oji.

      Metal slug yg kalo level udah hampir beres suka naik tank. Ha ha..

      Emang ajaib tuh kolor kakek.

      Hapus
  3. Gue pernah dger nih agate itu. Tapi game ini baru denger.
    Gue masih setia sama game Mobile Legend sih karena bnyak barengannya yg main. Jadi seru. Tapi game ini dimaininnya dari hape atau laptop, ian?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wajar kalo baru denger, belom rilis emang. Ini baru ada demo-nya.

      Ini baru game PC aja.

      Hapus
  4. Metal slug... jadi inget nolongin tuh kakek cuma karena bakal dapat senjata doang. niat nolongnya gak ikhlas karena ngarepin sesuatu saya... :(

    untuk game indonesia, kayaknya belum banyak yg saya coba, baru tahu bulat dan pocong2an gatau apa judulnya dulu... tapi walo dev game luar, yg bikin banyak yg indo juga sih. kayak gameloft itu, kantornya yg di jogja isinya org indo semua yg bikin. jadi gak harus mendukung produk indo, tapi produk luar yg mensejahterakan pemuda/masyarakat indo juga kali ya.. ini aku komen apaan dah tengah malem...

    BalasHapus
  5. Gw cuma main tetris jaman bocah, dan gak gitu suka maen game jd gak tau nama nama game. Hahahah

    BalasHapus
  6. Kalau soal games gini gue paling kudet nih.
    udah gak pernah main games di PC atau HP.
    Kalaupun ada games di HP gue, itu berkat adek gue yang download :))

    BalasHapus
  7. Wuaaaa, mortal kombat.. final fantasy.. jd nostalgia :'D *phdal gue main bgituan jg kalah mulu sih. Maklum, gamers abal abal..
    Games dgn genre action adventure seru sih, paporit gue bangettt. Apalagi game ini buatan developer Indonesia. Pgn nyobaaaa mainnn!!

    BalasHapus
  8. Sepertinya game ini akan menjadi cikal bakal pesaing game dari Bandai. Harus dicoba X)

    BalasHapus

Karena akhir-akhir ini banyak komentar spam yg masuk, jadi kolom komentar ini terpaksa gue moderasi. Tapi tenang aja, komentar kalian bakalan cepet-cepet gue publikasi kok. Terima kasih :) - @dianhendrianto

Copyright © Dian Hendrianto

Design by Anders Noren | Theme by NewBloggerThemes.com | Edit By DND