A Personal Blog By @dianhendrianto

Kamis, 24 Agustus 2017

Keren! Gue Dapet Tips Ini Dari Brilio

@KomunitasISB di #BrilioCorner

Terkadang gue masih bingung sama orang-orang yg suka nyebar berita bohong atau istilah kerennya: hoax, kayaknya hidup mereka itu waktu luangnya sangatlah banyak banget, bisa sampe 45 jam lebih 67 menit. Padahal kalau mereka mau, bisa aja mereka menyebarkan hal lain, seperti menyebar kebahagiaan, menyebar berita yg bermanfaat atau menyebar duit recehan semilyar-rupiah dari helikopter.

Seperti jamannya Generasi Milenial saat ini, pasti bakalan gampang banget di tipu-tipu sama berita-berita hoax yg belum jelas sumbernya, oke mungkin gak semuanya gampang tertipu gitu aja, mungkin yg lainnya hanya tertipu oleh gombalan cinta, abis digombalin  terus ditinggalin. Wah parah banget itu, minta digampar pake gitar Zimbabwe.

Gue juga kadang kesel sendiri  tiap buka sosial media, temen gue malah nyebarin berita atau info yg enggak-enggak, apalagi pas waktu rame-ramenya pemilihan presiden, media sana-sini saling menjatuhkan, ditambah temen gue ikutan juga nyebarin link gak jelas di beranda pesbuknya, alasannya sih simple, dia gak mau kalo gue yg jadi presiden Republik Rakyat Cina. (lah?)

Kayaknya, setelah kejadian-kejadian yg bikin warganet di Indonesia jadi gampang emosian itu, gue jadi kepikiran, 'Gimana kalo gue yg jadi penulis sumber informasi yg gak ada hoax-nya aja?' Apakah bakalan masih ada yg mau baca? Atau gue jadi CEO brilio.net sekalian? biar jutaan anak muda di Indonesia ini pada pinter, gak gampang emosian, gak gampang mutusin pacarnya. Malah lebih gampang nyari selingkuhan.

Iya, kayaknya kalau gue jadi CEO brilio.net, warganet Indonesia bukannya langgeng menjaga hubungan dari tips cinta ala Brilio, malah jadi playboy yg tiap bulan ganti pacar. "Mantap! kamu harus coba tips ala playboy ini, dijamin gebetan kamu klepek-klepek.". Iya, kayaknya gue belum bisa nulis-nulis yg bermanfaat bagi khalayak umum kayak gitu, tapi seenggaknya gue bisa bikin tulisan yg bermanfaat buat gue sendiri dulu deh, curhat misalnya. "Duh.."

Kayak pas gue ikut Sharing Session dari Brilio.net (#BrilioCorner) beberapa waktu lalu di kantor Brilio di Jakarta, gue jadi sedikit tau hal-hal atau ide-ide apa yg harus gue tulis, ada banyak banget ilmu yg bisa gue terapkan tentang ide-ide di kepala yg sebenernya bisa dengan mudah ditumpahkan kepada tulisan. Yg tentunya tulisan-tulisan  yg berdampak positif bagi anak muda jaman sekarang ini,

Subhanallah~

Di Sharing session tersebut, gue dan temen-temen bloger lain diberi tips-tips agar konten yg ditulis bisa semakin menarik, disukai pembaca, unik dan lucu, dan juga masih banyak tips lain, salah satunya:

Bersahabat dengan media sosial

Ini paling ampuh sih sebenernya, seenggaknya kita harus punya minimal 3 akun sosmed buat share tulisan kita. Yg artinya adalah bahwa sekarang ini kita udah hidup berdampingan dengan teknologi, di mana-mana setiap orang udah hampir buka sosial media-nya hampir tiap 10 menit sekali. Pas di dalam angkot, buka hp, pas nyupir angkot, buka hp, pas buka lembaran baru, buka hp. Sedih sih ini. Ya, kira-kira seperti itu gambaran tentang masa kini, semua informasi begitu mudahnya tersebar. Jadi patut hati-hati juga sih ini, jejak digital kadang susah hilangnya. Yg penting kita bisa gunain sosial media dengan bener, gunakan dengan bijak. Jangan sampe jadi sumber gaji Lambe  Turah aja sih intinya :)

Melihat sisi lain dari sebuah peristiwa

Kayaknya hal ke-dua ini gue punya contoh yg gue alami sendiri deh, waktu gue dateng ke sharing session Brilio Corner di kantor Brilio, gue langsung naik beberapa anak tangga-yg jika dipikir-pikir lagi kalo seandainya pas gue naik, terus pas nyampe lantai atas tiba-tiba inget kalo ada yg ketinggalan di lantai bawah, dan gue turun lagi, maka kemungkinan badan gue udah kayak cowok yg ada di iklan "trust me! it work" itu, jadi kotak-kotak. Dan baru sadar setelah lihat samping kiri ada lift. Kan kesel.

Naik tangga, it work!

Sisi lain dari peristiwa yg gue alami itu, bisa jadi buat orang lain yg dateng gak kepikiran hal semacam tadi, mungkin bisa aja mereka menuliskan peristiwa-peristiwa yg lebih penting dari cerita yg gue ceritakan tadi. Seperti kehebohan selama acara berlangsung misalnya, atau serunya sesi makan-makan mungkin.

Meme, meme dan meme

Gue sendiri memang setuju sama poin yg satu ini, beberapa tahun  kebelakang, meme sangat disukai anak-anak muda jaman sekarang, melalui hal-hal 'receh', setidaknya viewers bisa nambah lah sekitar sejuta-an. Lihat salah satu contoh meme berikut,


Contoh gambar meme


Memahami kenyataan bahwa anak muda terobsesi dengan kehidupan pesohor

Atau bahasa gaulnya, obsesi tersebut adalah KEPO, "Milenial itu kepo!". Hal-hal yg berkaitan dengan dunia yg mereka sukai, seperti dunia para artis idolanya, pasti setiap informasi artis tersebut akan selalu mereka cari. Contohnya seperti kabar Ayu Ting-Ting, Rafi Ahmad, Kabar gue mungkin, atau kabar pesohor bloger yg satu ini,

BlogToday: Icha

**
Sebenernya masih ada banyak tips dan keseruan selama Sharing Session Brilio Corner berlangsung, mungkin ada yg pernah baca di blog temen-temen yg lainnya. Mungkin buat temen-temen yg pengen ikutan, bisa tunggu di Brilio Corner selanjutnya, cari-cari info aja. :D

Buat yg masih penasaran dengan keseruannya gimana, kalian bisa cek hastag #BrilioCorner di Twitter, Instagram atau juga Pesbuk. Atau bisa juga cek di Instagram gue, @dianhendrianto


Sebuah kiriman dibagikan oleh Dian Hendrianto (@dianhendrianto) pada

21 komentar:

  1. Untungnya gue nyadar ada lift. Jadi ga repot-repot naik tangga. Huehehe.
    Dulu gue paling demen sama meme. Tiap bentar liat meme. Liat 1cak, liat MCI, entah kenapa skrng udah nggak minat lagi sama meme dan malah yg gue tinggalin (nggak minatin) jadi inceran kid jaman now. Mungkin gue terlalu canggih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu setahun yg lalu masih rame sih, tapi sekarang agak kurang diminati gitu, tapi masih bisa lucu juga buat circle tertentu mungkin. ngahaha

      Hapus
  2. kayaknya kalo tempat kerjanya begitu, bukannya kerja malah tidur deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada juga yg kebalik, di tempat tidur malah kerja :'(

      Hapus
  3. Icha perlu waktu berapa lama untuk bertransformasi begitu? Hahaha.

    Akhirnya Dian lebih duluan nulis di kalangan anak Jabodetabek wqwq.

    Baca judulnya pengin langsung teriak, "Duh!"~

    BalasHapus
  4. Wow. Mencengangkan. Sungguh tips yg bermanfaat bagi nusa dan bangsa.

    Wuah, ada Icha! Icha udh makin terkenal ajeee.

    Ini sengaja dibikin pendek(menerapkan ilmu waktu itu) apa emang biasanya segini ya tulisannya? (udah lama bgt gabaca blog anak2 Jabodetabek :/).

    BalasHapus
    Balasan
    1. lagi gak ada ide nulis panjang aja. hahahha

      Hapus
  5. he he he
    tawa mulu, dirasa-rasa gaya mbak dian bercerita makin lucu sahaja. :)
    hhm mengoleksi meme ataw gambar-gamabar lucu kebetulan passion saya. karna retjeh adalah lyfe style.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah makasih banyak atas (p)ujiannya ya, om. salam hangat terdahayat!

      Hapus
  6. Apakah Icha perlu suntikan agar transformasinya bisa sempurna?

    Enak tempat kerja gitu. Tapi aku gak sukak terlalu nyaman. Nanti malah masuk ke comfort zone. Halah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini bahas tempat kerja apa bahas hubungan ya Allah :(

      Hapus
  7. Minimal 3 akun media sosial? 2 aja boleh engga bang? *nawar

    Bener-bener bermanfaat banget, tapi biasanya yang bermanfaat kurang diminati warganet, secara dari rating-rating berbagai survei tertentu menunjukan, masyarakat kita merupakan penggemar konten "tak bermutu" termasuk saya, sedih.

    BalasHapus
  8. Di bagian ini: Iya, kayaknya gue belum bisa nulis-nulis yg bermanfaat bagi khalayak umum kayak gitu, tapi seenggaknya gue bisa bikin tulisan yg bermanfaat buat gue sendiri dulu deh, curhat misalnya. "Duh.."

    KENAPA TIBA-TIBA ADA DIALOG? HAAAAH? KENAPAAA?

    Bangke lah. Kamu mengacaukan puasa ngeblog (menyamai puasa Twitter-nya Yoga)-ku dengan tulisan dan fotoku itu, Dian. Untung kamu bukan CEO Brilio. Aku nggak mau poin yang menyertakan foto imutku itu jadi santapan netizen luas. :(((((

    BalasHapus
  9. Jadi stalking deh ke blog nya Icha :)

    BalasHapus
  10. Dan hari ini, sukses BW kedua blog yang mbahas tentang Brilio. Yes!
    Intinya mah menurutku dan se-penangkepanku *hasyah, bahasa opo iki*, kalau tulisanmu mau viral atau banyak pembacanya, silakan share ke medsos dan gunakan meme. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. share ke pesbuk dengan meme yg sangat berkualitas :') Mantap

      Hapus

- No live Link
Gue lebih menghargai kalian yg baca meski gak komentar, daripada komentar tapi gak baca. haha becanda, yaudah sok atuh komentarnya.
salam @dianhendrianto

Kategori populer

Instagram

Copyright © dianhendrianto.com

Design by Anders Noren | Theme by NewBloggerThemes.com