A Personal Blog By @dianhendrianto

Minggu, 18 Desember 2016

Rambut Orang Jepang


"Lampu, lampu.." Seorang bapak tua nyamperin gue yg dari tadi udah kesel akibat ngantri lama di minimarket, ngomong sambil nunjuk-nunjuk keatas kepalanya. Gak tau yg maksud perkataannya apa, gue langsung jawab dengan ekspresi bengong sejenak sebelum menjawabnya, ''.........."

"iya kenapa ya pak? lampunya kenapa?" gue malah tanya-tanya balik, takut aja lampu yg di atas kepala gue jatoh terus nimpuk kepala yg udah gepeng ini, gak asik kan kalo ada berita di tipi wan: Seorang pelanggan minimarket meninggal akibat tertimpuk lampu neon. sadeeessss!

Selang beberapa saat bapak tua itu diam lalu mengambil satu benda yg gak asing bagi gue, ya! dia mengeluarkan hp sungsang dari kantong celananya yg kegedean. Kalo boleh nebak, pasti di balik kantongnya bisa ngeluarin pintu kemana saja dan baling-baling bambu. Dalam hati, gue udah curiga, "Apakah bapak-bapak ini mau foto gue terus dikirim ke bosnya? lalu menanyakan berapakah harga ginjal anak se-gede ini?"

TIDAAAAKKKKKKK!

Pikiran tidak waras itu gue buang jauh-jauh dari otak gue. Tidak lama dari perkataan 'Lampu' tadi, si bapak tua menunjukan layar di hp-nya ke gue, saat di lihat rasanya langsung mau ngomong, "Wooow, aku tercengang sodara-sodaraaa".

Awalnya gue kira dia mau ngsih gue hp, mungkin dia mau bujuk gue supaya mau ikut ke jepang. Tapi kenyataanya enggak, sekali lihat tuh layar hp, gue langsung tau kalo itu Google translate yg mungkin dalam bahasa zimbabwe Jepang ke Indonesia yg berarti; 'Potong Rambut'.

Sekarang gue paham, sekarang gue ngerti. Perkataan 'lampu' tadi maksudnya adalah RAMBUT.  Tatapan gue setelah melihat layar hp tadi langsung mengarah ke kepala si bapak yg cukup menyilaukan. Di bawah lampu, dengan uban yg sangat berantakan seolah-olah meminta bantuan, "tolong mas.. tolong.. gak tahan saya disini, RASENGAAN!!!".

"Ini, potong lampu dimana? dimana ya mas?" dengan  logat jepangnya ngoceh-ngoceh depan orang banyak yg sudah cekikian dari tadi saat melihat perbincangan kami yg cukup serius ini. sumpah. Kalo kayak gini rasanya pengen gue tanya balik,

gue:"iya gimana?"

Bapak jepang: "Potong lampu dimana?" tanyanya

Gue:"iya gimana? coba sekali lagi"

Bapak jepang: "lampuu.. potong lampu dimanaaaa?".

Gue: "oh.. gimana?"

Bapak jepang: "Na Uvuvwevwevwe Onyetenyevwe Ugwemubwem Osas.."

Gue: "....." 

Mampus!

kurang lebih seperti ini penampakan bapak jepang.

Sebagai seorang anak muda yg  baik hati, kalo ada orang yg tanya, pasti gue jawab dong,

"Gak tauuuuu, gue gak tauuuuu, gue gak pernah potong lampu dari jaman konstantinopel.. aaak"

yg tadi becanda

"Itu pak sebelah kiri, dari sini bapak keluar, ambil kiri, kiri ya pak" dengan  penuh kesabaran gue jawab dengan penuh senyum. ^__^

"kanan yah, kanan ada yah?" Si bapak jepang malah minta tukang potong rambutnya ke arah kanan.

"kiri pak. HARAKIRI!!!!!"

Disini gue mulai kesel, pengen aja nge-iya-in ke arah kanan, terus nunjukin tempat laundry, biar di cuci tuh rambutnya yg udah di pilok putih pake deterjen terus di rendem lagi pake downi. ahelah. Tapi kasian, mungkin maksudnya di kanan ada enggak.
Gue kadang selalu penasaran, kenapa orang jepang itu rata-rata  gak bisa ngomong huruf  'R' yah? apa si bapak yg satu ini emang (maaf) cadel beneran? herman gue mah atuh euy.

Gue jadi inget bibi gue yg di sudirman, dia punya suami orang jepang. Gaya bicaranya hampir sama sih, tiap ngomong yg ada huruf 'R'-nya pasti rada di paksa gitu. "pasrrrrlah, gerrrrlah,  murrrrah, hallllah, ahsyudahlah". Pas ketemu suaminya gue cuma bengong-bengongan, saling tatap karena gak tau harus ngomong apa. Apakah gue harus  nyapa pake bahasa jepang juga? kayak, "arigatou, monggo monggo", atau kayak gini;

Sumber foto yg teraniaya

Tapi, setelah beberapa kali gue main ke rumahnya, perkiraan gue bakalan lebih  akrab sama orang yg jadi 'paman' gue ini, gue bisa ngobrol-ngobrol asyik, tanya-tanya soal naruto ke dia atau bahkan tanya cara masak ramen. But, khayalan itu kadang gak sama dengan kenyataanya, Paman gue yg orang jepang ini malah ngeselinnya minta ampun, ada suara notif dari hp aja gak boleh. ngahaaha. ngeselin abis. ngahaha lagi.

Semoga keluarga gue gak ada yg baca ini, aamiin.

Balik lagi ke bapak tua yg nanyain tempat potong rambut tadi. Setelah berdebat cukup panjang antara gue dan orang jepang,  akhirnya si bapak jepang tersebut pergi meninggalkan  gue, tidak lupa dengan ucapan terimakasihnya dalam bahasa Indonesia.

"Telima kasih yah".

"iyak sensei, kimochi kimochi" jawab gue.

mungkin seperti itu kira-kira ucapan 'sama-sama' dalam  bahasa jepang versi gue. Keren kan.

Sebenernya gue itu salah satu orang yg suka sama yg berbau-bau jepang, kayak anime-animenya yg emang top, seperti naruto, conan, kimi no wari, jav dan juga musik-musiknya seperti On Ok Rock.

Tapi, bukannya ketemu orang jepang yg cantik-cantik nan lucu, kenapa gue malah di takdirkan ketemu bapak tua seperti ini, malah tanya-tanya potong rambut segala. Inget gaes, kalo ada yg tanya-tanya kayak gini, kalian patut curiga. Bisa aja kan dia minta di tunjukin jalan tapi kenyataannya kita malah di culik, terus di bawa ke jepang buat jadi artis film hot di sana. Selain ginjalnya di jual sih.

Yaaak, seperti itulah kira-kira.

Dan, satu pelajaran penting yg gue ambil dari dari kejadian ini; jangan malu bertanya, malu bertanya sesat di jalan. Atau dengan kata lain; 'Jangan tanya gue, sekali tanya sesat sampe kuburan'.

"Potong lampu dimana yah, mas?"
"............. di jonggol!!!!!''

46 komentar:

  1. Bukannya enak diajakin main film JAV?

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus belajar dari bapak nih kayaknya :)

      Hapus
  2. Oh bahasa jepangnya rambut itu lampu y
    Baru tw saya

    BalasHapus
  3. Hahaha ternyata salah paham sama si orang Jepang. Itu paling ngga nunjukin kalo orang Jepangnya berusaha ngomong pake bahasa Indo wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal kan gue bisa bahasa Jepang ya.. kimochiiiii :v

      Hapus
  4. Potong lampu sendiri aja pak. Atau mau dipotongin sama saya tapi motongnya sekalian sama lehernya. Eh jahat yang terlalu jujur ya..

    Kesian si bapaknya ya.. pasti sering ngomong sama orang tapi yang diajakin ngomong gak paham.. ckckckkk

    Semoga ada sodaramu yang baca postinganmu kali ini :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Arum jahat ya.. :')

      Potong rum, potong lehernya....

      Eh jangan, bisa2 saya di mutilasi. :')

      Hapus
  5. Dua-duanya ya salah paham... yang satu nanya mikirnya beneran lampu, yang satu lagi mikirnya suruh bunuh diri. Hahahhaha :D luucuk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lucu sih, tapi ngeladeninnya rada kesel :')

      Hapus
  6. Jadi kalo potong lampu dimana nih?? Gue juga mau potong lampu..hahaha

    Diculik kejepang buat dijadiin artis hot??kayanya ini ide bagus.. culikk aku qaqa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sono, di culik bapak Jepang, biar di jual ke Tante-tante :v

      Hapus
  7. Muka bapaknya kayak familier...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini gak maksud nyinggung kakeknya ya, mas :)

      Hapus
  8. Lampu hahah terang dong kalo lampu mah :))

    BalasHapus
  9. Hahaha.. lucu pasti dengar logat si bapak bilang "potong lampu dimana ya mas?" Tapi patut dikasih jempol,dah berusaha pakai bahasa Indonesia walaupun nggak bener.#jiaah.. Kalo aku ke Jepang belum tentu bisa komunikasi bahasa Jepang. paling bahasa Tarzan sama kode2 dikit. Salam kenal ya nto,dipanggil Anto kan ya?

    BalasHapus
  10. Elah... potong rambut toh-___-'

    BalasHapus
  11. Yang ngomong potong lampu si legend itu?

    BalasHapus
  12. saya mau ketawa dulu, HAHAHAHHAHAHAHAHAHAH

    itu kenapa foto konichiwa yoga anjeer hahahahahahahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. ketawa dulu aja, udah? oke lanjut.

      biar kekinian, konichiwaaaaa mia.

      Hapus
    2. Saya berasa dihina ini. Ketawanya kenceng banget. :(

      Hapus
  13. kalo jawabannya sesat, mending komen nya jug gak usah nanya hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gajadi nanya nih? Ahelah. Yawdah. :')

      Hapus
  14. Kalo sesat di kuburan ntar ketemu nya pocong2 manja gitu yaaa hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu kumaha bentuknya pocong manja? ;')

      Hapus
  15. gue sampe baca dua kali buat tulisan lo -_-
    POTONG RAMBUT BEN. YA AMPUN!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampun, maaf Ben. Nda paham yah. :')

      Hapus
  16. haaa sou desu ka?
    hahaha lucu mas
    karena r dan l
    because right and left (apaan sih??)

    BalasHapus
  17. (((potong lampu)))

    itu bapak bapak nekat apa gimana ya gabisa bahasa indonesia malah keliaran, pake acara mo potong rambut segala :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya mau nyoba kebiasaan orang Indonesia aja deh :)

      Hapus
  18. Setelah gue seldiki, gue yakin saat si bapak nanya"Kanan ada yah?" ini maksudnya mau tau ada pangkas rambut di kanan apa ga,kalau gaada dia ingin buka cabang barbershop dari jepang.Gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukannya babershop di Jepang pake gunting rumput yah?

      Hapus
  19. Itu muka siapa sih? gw sering ngeliat muka'nya yg melegenda dijadiin meme di instagram. Tpi gw sndiri blum pernah ngeliat seberapa hebat kakek tua satu ini.

    Orang jepang yg malang. Selain tersesat dan tak tahu arah potong lampu, ia juga ditipu sama google translate. Tapi nggk tau juga sih, yg salah google translatenya atau cara lidahnya ngomong yg kebanyakan freestyle.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak yg bilang itu kakek Sugiono reiy. Coba Gugel aja deh..

      Hapus
  20. Ya, mungkin dia mau nyoba seperti fasih dalam bahasa kita, tapi akhirnya keliru.. Ya, gpp-lah selagi bukan gue yang dibikin puyeng.

    Lampu - lampu, mau potong lampu.. LAMPU MATAMU MELETAK?!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba sekali lagi.. yg meletaknya.

      Hapus
  21. ANJIS SI YOGA WKAKAKAA
    Bawahan sama foto kakek legend

    Potong lampu yawlaaa. Si bapak jepang gemesin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah.. malah gemesin.. :'(

      Gue yg punya gue ngeladeinnya. Huhuhu (T_T)

      Hapus
  22. Baru komen sekarang. Entah kenapa. Mungkin karena aku terpesona sama kehadiran Kakek Legend di post ini. Uuuuh. Ikkeh ikkeh kimochi!

    Potong lampu anjeeeeeeeeeeeer. Nanyanya juga kenapa sama kamu, Dian? Dia yang udah sesat makin sesat aja dah. Kasihan kan lampunya. :(((

    BalasHapus
    Balasan
    1. KASIHAN LAMPUNYAAAAAA... cha sehat?

      Hapus
  23. Wah, itukan kakek lejen. My sensei :)

    BalasHapus

- No live Link
Gue lebih menghargai kalian yg baca meski gak komentar, daripada komentar tapi gak baca. haha becanda, yaudah sok atuh komentarnya.
salam @dianhendrianto

Kategori populer

Instagram

Copyright © dianhendrianto.com

Design by Anders Noren | Theme by NewBloggerThemes.com