A Personal Blog By @dianhendrianto

Minggu, 14 Agustus 2016

Beberapa fakta yg ternyata cuma mitos (Hutang)

Beberapa waktu kebelakang gue banyak menemukan kejanggalan dengan fakta-fakta yg pernah dibicarakan orang-orang, beberapa diantaranya adalah tentang fakta bau ketek kiri yg memproduksi lebih banyak bau badan daripada ketek kanan, dan ternyata itu beneran, oh ini fakta.

kalo bicara fakta, udah banyak emang fakta-fakta yg udah terungkap, dan gue gak bakalan bahas fakta seperti bumi itu bulat, tapi kali ini gue pengen ngebahas fakta tentang hutang yg ternyata cuma mitos, ini tulisan berdasarkan fakta yg udah gue alamin sendiri atau bahkan diantara kalian semua udah sering ngalamin kejadian aneh tentang masalah hutang.

gue jelasin dulu tentang hutang secara singkatnya...
gue yakin tiap orang itu banyak kebutuhannya, hal utamanya sih dari duit, berujung keinginan-keinginan yg emang gak bisa ditahan kalo lagi labil, beli ini beli itu hingga akhirnya kehabisan duit buat beli barang-barang dan akhirnya minjem duit deh ke temen. dan lagi, urusan hutang itu ternyata berdampak buruk juga, kalo kita emang lagi kesusahan pasti sedih banget lah harus gimana buat nyari makan sehari-hari, kalo punya temen baik pasti sedikit seneng lah bisa minta-minta makan ke dia, minta jajan, minta dibeliin baju sama minta jodoh kalo bisa.

kebiasaan buruk tentang hutang ini udah gue alamin sendiri, bukan gue yg sering ngutang tentunya, tapi sebagian dari temen gue yg mungkin tanpa sengaja lagi butuh dana lalu nyari-nyari gue. padahal mah kalo butuh dana banyak tuh baliho dijalan yg nawarin, "anda butuh dana? sama saya juga... hubungi kami, dipuskesmas"

nah, beberapa pengalaman hutang yg gue alamin bisa disimak dimari.. oke bentar, pake celana dalem dulu, masukin domper ke brangkas, gembok!

eh pinjem duit dong, bulan depan dibayar..
biasanya, kata ini sangat lumrah keluar dari mulut temen sendiri yg kadang gak tau diri atau gak tau tata cara ngutang yg bener, gue gak habis pikir aja, kata "eh pinjem duit dong, bulan depan di bayar" ini bisa gue percaya gitu aja, padahal kan bisa aja dia bohong. satu kejadian, ada temen gue  lagi sekarat dana banget, ceritanya dia abis kena hipnotis dan duitnya ludes diambil sama tukang hipnotis. salahnya gue gampang percaya gitu aja, pas dia nyembah-nyembah minjem duit ke gue, lalu gue kasih. janji dia yg bakalan balikin duit gue ternyata palsu, padahal udah gue kasih kebijakan 3 bulan. sampe akhirnya gue nagih hutang, jawabannya sama, "belum ada". ini jadi seperti gue yg kena hipnotis.

setelah gue curhat ketemen gue tentang duit gue yg diutangin, ternyata dia juga bernasib sama, bahkan tipu daya orang yg ngutang sama dia lebih tragis lagi, modusnya sama kalo dia abis kena hipnotis, dan udah dipinjemin 300rebu, lewat satu hari tukang ngutang itu balik lagi ke dia, katanya uang yg dia pinjem hanyut di sungai, terus mau minjem lagi. Ya allah... Minta digampar ini anak.

ternyata, orang yg ngutangnya itu orang yg sama minjem duit ke gue. pas dari kejadian itu sampe sekarang udah setahun lebih, hutang gue belum dibalikin juga, dan yg paling nyeseknya lagi itu orang ngilang tanpa jejak (kalo menurut gue sih itu orang sekarang udah kaya raya, sampe lupa sama gue). kalo tau bakalan kayak gini, gue pengen nyewa tukang hipnotis buat hipnotis dia biar balikin duit gue, "DALAM HITUNGAN KESERATUS, ANDA HARUS BAYAR HUTANG!! BAYAR!! BAYAAAR!! BAYAR GOBLOK!!!" aiiish apaan ini. Ehehehe.
dan benar dugaan gue ternyata, yg pinjem duit terus niatnya bayar bulan depan itu cuma mitos pemirsa. hati-hati, inget kata bang napi, waspadalah... Waspadalah.. Tukang hutang ada dimana-mana.

bayarin dulu yah, besok ganti...
kalo lagi jalan sama temen, pasti ada aja hal awkward yg bakalan terjadi, misalnya lo lagi jalan-jalan ke mall terus lihat barang bagus terus lo beli dan sebelah lo pengen beli juga, apalagi kalo dia temen se-kosan, "bayarin dulu lah men, besok gue ganti. gue lupa bawa duit". kejadian ini sering banget gue alamin. masalahnya, kalo ada niatan buat nagih agak gak enak juga kan, apalagi itu temen se-kosan. kalo mau nagih, jawabnya tetep, "besok yah, belum ada duit". ini bikin serba salah, ditagih gak enak, gak ditagih nyesek. satu kesimpulan lagi, ternyata dibayar besok itu cuma mitos, cuma mitosssss.. hati-hati.

ini bukan cuma temen kosan aja, yg lebih mainstream lagi ketika yg ngomong "bayarin dulu yah" itu pacar sendiri, kan kejadiannya bakalan aneh, emang sih kalo buat pacar mah gak ditagih juga gak apa-apa. misalnya pas kita jalan-jalan ke mall, terus dia lihat baju baru terus kepengen beli, "sayang, bajunya bagus yah, bayarin dulu dong.. besok diganti.." ini permintaan dari pacar yg menurut gue mintanya secara halus. terus, pas giliran lo minta sesuatu kedia dengan cara yg sama, misalnya, "bep, jam tangannya bagus yah.. aku lagi gak bawa duit, pinjem dulu yah, besok diganti..", lanjut "kan kamu juga kemaren aku bayarin juga pas beli baju.." kebayang apa jawaban dari pacar lo kalo dia posesif?

"kamu kok itung-itungan gitu?"
"dasar pelit!!!"
"kita putus"

DUAARRRRRR!!!!

berdasarkan pengalaman gue, masih banyak hal aneh lagi tentang hutang, misalnya...

gue sebagai orang yg merasa dirugikan, beberapa kali berhadapan orang yg suka ngutang, udah gak asing yg namanya 'nagih', beberapa kali gue nagih tuh utang, orang yg ditagih malah asyik-asyik aja, gak tau malu. pernah suatu  waktu gue nyamperin dia, bilangya belum ada duit.. ini sampe-sampe gue kayak yg nyembah-nyembah dia, pas gue lagi butuh-butuhnya dia malahan bilang gak ada. terus gue balik kerumah lagi setelah gagal menjadi rentenir dan buka instagram si kamvret itu, tiba-tiba lihat postingan terbaru dia isinya makanan mahal, liburan kepantai. Yaelaaah.. Cabut nyawa dia.. Cabuut...

setelah cukup lelah dengan hutang, gue punya 10 tips biar sedikit aman memberi hutang

10
ketika dia mau pinjem duit, bilang aja,

"kalo gue gak ada, tapi gue punya kenalan yg bisa ngasih pinjem lo duit, tapi ada biaya adminnya (tambahan)"

nah, dengan kata-kata diatas kita bisa sedikit lebih aman, kalo emang dia lagi butuh banget tapi kita takut tertipu dayanya, bisa gunakan kata diatas. kita cuma bohong duit dari kenalan, cukup pake duit kita tapi atas nama orang lain, otomatis pas kita mau nagih pun bisa pake alasan, "bukan duit gue, gue gak enak sama oranganya, dia nagih-nagih terus." kalo yg diutanginnya sedikit punya hati sih pasti dia juga ngerti, ngerasa gak enak sama lo yg udah  susah-susah nyariin pinjeman buat dia. gak tau juga kalo orangnya masih gak tau diri, mending gak usah.. muahaha.

demikian fakta-fakta tentang hutang yg ternyata cuma mitos dan tipsnya, sekian dan terima dana tambahan.

salam ganteng

23 komentar:

  1. Hhaa bener tuh itu cuma mitos belaka ya son bukan fakta :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kslo pengalaman gue sih emang mitos. :(((

      Hapus
  2. Ng... 10 tips? Itu cuma satu, Mas~
    Btw, bukannya riba ya kalo pake biaya admin? Hehe.

    BalasHapus
  3. temen ane pinjem duit.
    terus gantinya nyicil, alhamdulillah.
    pas udah mau lunas 30% dia bilang gini.
    sisanya ikhlasin aja yah, ya elah ama temen sendiri -_-"
    dan gue nurut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah gapapa... Ikhasin aja, biar rejekinya seret. Ahaha

      Hapus
  4. Bang... Pake biaya adm itu namanya riba, Bang. RIBA!!!
    Semisal lu cuma "merujuk" dia minjem yg ke pinjaman pake biaya adm juga lu kena dosanya tuh (katanya)..


    Hutang memang bikin nganu-nganu bnget, yak.
    Lebih aman sih jangan minjemin orang yg blm tentu balikin. Atau kalau mau minjemin pake sistem ikhlas aja. Dibalikin alhamdulillah, kalau enggak, ya yaudah. Hahhaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal gue yg ngasih pinjem..tetep dapet dosajuga yah :((

      Yaudah. Abang ikhlas. :(

      Hapus
  5. hahaha
    gue takut banget kalo suruh ngutang, takut gak sempet bayar.
    kalo ngutangin beberapa pernah, dan untung temen gue baik-baik beneran niat balikin, jadi bukan mitos belaka.

    BalasHapus
  6. Ya allah... Aku salah lagi, riba! 😢

    BalasHapus
  7. Untung temen-temen gue di sekolah rata-rata ekonominya mapan. Nggak pernah diutangin deh gue. Hahaha. Paling gue yang ngutang uang kas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling lo yg lupa bayar.. Makanya seneng :v

      Hapus
  8. Itu yang ditagih katanya g ada duit tapi posting foto liburan pernah, pernah banget ku alami. Kesel banget ada orang begitu. Tega banget.

    Lebih baik g udah pijnamin orang yang belum kita kenal banget. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rum... Pinjem duit dong. Lusa gw bayar.

      Hapus
  9. huahaha kalo ngasih pinjeman duit sih emang 50:50 bisa dibalikin atau enggak. gue pun kalo minjemin duit itu nominalnya yang gue rela kalo dia gak balikin, ya siap2 aja daripada kita ngemis2 pas nagih. Kalo dia tau diri pasti dibalikin sih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue salah percaya gitu aja.. Ohohoho

      Hapus
  10. Nggak cuma teman-teman kita aja sob. Terkadang kita sendiri pun masih sering lupa bayar utang. Padahal kondisi uang kita sedang baik-baiknya.

    Asal mintanya baik dan lembut, pasti dikasih kok :D

    BalasHapus
  11. gue menyimak dengan seksama, kirain fakta apaan yang merupakan mitos.. ternyata fakta seputar utang yeee.. leh ugaaa.. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tadinya mau bahas fakta2 seputar mantan :')

      Hapus
  12. Ini cerita real banget, saya juga penah ngalamin,, Apalagi sebagia peminjam, hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadilah peminjam yg baik dan benar.. Sadaaap.. :D

      Hapus
  13. Kalau yg kejadian "bayarin dulu yah, besok ganti" saya penh juga ngalain, sampai baca artikel ini orangnya belom ng'ganti,,

    BalasHapus

- No live Link
Gue lebih menghargai kalian yg baca meski gak komentar, daripada komentar tapi gak baca. haha becanda, yaudah sok atuh komentarnya.
salam @dianhendrianto

Kategori populer

Instagram

Copyright © dianhendrianto.com

Design by Anders Noren | Theme by NewBloggerThemes.com