Make a Story

Sabtu, 28 Mei 2016

7 hal unik tentang ramadhan

Bentar lagi bulan puasa. Bakalan banyak acara yg harus dijadwalkan, salah satunya jadwal ngabuburit, jadwal melek pas bangun sahur, nyari alarm hidup buat bangunin sahur dan banyak lagi yg belum disebutin, tapi please! tahan dulu jadwal pacaran disiang bolong, itu bikin batal puasa (malem aja).
Nah, sebelum puasa tiba, gue punya nostalgia keren buat kalian yg mungkin aja lupa gimana serunya menuju hari H. ingat 7 hal unik ini sebelum ramadhan tiba.

1. Papajar
Papajar ini biasa disebut di dataran sunda, atau bisa juga disebut jalan-jalan sebelum puasa tiba. Ditempat gue papajar ini biasanya jalan-jalan ke pemakaman (pamijahan) atau JJZ (jalan-jalan Ziarah). Bisa jadi ini sekampung pergi bareng naek mobil, karena ada beberapa orang yg bersedia nyumbangin mobilnya buat dipake. Ya alhamdulilah aja. Biasanya, papajar ini memakan waktu antara satu atau dua hari, Tergantung jauh atau dekatnya tempat tujuan. Kalo ditempat kalian ada yg namanya papajar? Atau dengan sebutan lain...

2. Kehabisan tiket
Buat yg merantau keluar kota, siap-siap aja kalo alat transportasinya kehabisan, seperti tiket kereta, pesawat atau BeOL (becak online). Gue gak becanda sama yg satu ini, buat kalian yg jauh buat mudik, dari jakarta-kebekasi misalnya, buruan dari sekarang pesen tiket pesawat atau kereta, gue udah liat jadwal sampe lebaran udah abissss banget!.
Buat yg gak mudik gimana? Nah ini kayaknya beruntung banget, kalo kalian orang jakarta asli, Gak perlu mudiklah. pokoknya jakarta udah kayak milik sendiri, dunia serasa kita yg punya (yg lain mah cuma ngontrak), jarang-jarang ada kemacetan. bisa keluyuran kemana-mana, cuma ya gak enaknya paling kesepian pas ditinggal gebetan mudik. udah gak usah dibahas.

3. No warteg!
ini buat lo yg biasa makan di warteg sebelah, Akan tiba saatnya lo kelaperan, pengen buka puasa jam 12 siang pas seminggu lagi mau lebaran, aaah mba-mba yg biasanya lo peluk dari belakang tiba-tiba wartegnya tutup, sakit kan. Ngena banget. Mereka (mas-mas dan mba-mba warteg) mudik semuaaaa.. No oreg tempe. apalagi tahu bulat yg digoreng dadakan.

4. Ngabuburit bareng
Biasanya kalo dikampung-kampung ngabuburit itu ya paling keliling-keliling kampung, beda sama dikota gede, dikota-kota biasanya pada banyak kumpul komunitas, ada juga kumpul-kumpul depan tipi liatin iklan marjan, ada juga yg sibuk kumpulin mantan. Nah elo yg mana? Tambahin.

5. Kulsub (kuliah subuh)
Yg ditunggu-tunggu selain ngabuburit yaitu kuliah subuh, yg ini gak kuliahpun bisa kali ikutan, kulsub ini bukan ajang mengumpulkan judul buat skripsi, tapi lebih ke mendengarkan ceramah dari gue, uhuuk! dari pak ustadz maksudnya. biasanya pagi-pagi udah pada nongkrong setelah kulsub selesai, ini jaman dulu banget kayaknya, kalo jaman sekarang pada nongkrongnya di warnet. Hmm...

6. Pelawak laku keras
Kalo udah puasa, artis-artis biasanya udah punya jadwal padet buat ngisi acara sahuran, apalagi yg profesinya sebagai pelawak, pasti banyak job lah, kayak gue ini (becanda).  Gak perlu khawatir lagi, gak perlu bosen nungguin emak bikin masakan didapur, lo bisa nungguin depan tipi sambi liatin sule dakwah sama liatin mamah dedeh standup comedy. penontoooon...

7. Resahnya para tuna asmara
Ini efek samping yg udah biasa terjadi menjelang bulan puasa, dimana para tuna asmara mulai mencari-cari pasangan. Ngeri aja kalo pas puasa gak ada yg bangunin sahur kan, kesiangan mulu. Bentar bentar... Emang guna pasangan buat jadi alarm emang? Bruakakakakak. Yg paling serem adalah menjelang lebaran, pasti ditanya "kapan nikah? KAPAN NIKAAAH?". Enggak mungkin lagi kan dijawab, "nanti tante, pas lebaran moyet.." sementar ini udah tahun monyet. So.. Tunjukan pasanganmu. ini pasangan gue, dapet dua.

Kapan kenalin kita ke mama kamu?

Sebagian kebiasaan menjelang dan saat puasa udah gue sebutin, masih ada bayak sih sebenarnya. jadi, gue maksudkan adalah kalian menceritakan sebagiannya lagi dikomentar, atau bisa juga ceritain di blog masing-masing.
Segitu aja lah dari gue, bisa kali nambah-nambahin.


salam
Rangga

24 komentar:

  1. sli, saya kena semua nih kecuali yang kuliah subuh untungnya saya udah lulus kuliah nih. Buset yang tuna asmara paling parah dan kayaknya saya bakal dicerca pertanyaan "kapan nikah?" kalau udah di kampung halaman nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cepat pulang mas.. Pulang... Nikah :D

      Hapus
    2. carikan aku calon om, carikan aku bunga desa di kampung ini

      Hapus
  2. Kuliah subuh ada utsnya bang?
    Ada ujian skripsinya juga g bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada... Jawabanya juga udah ada.

      Lo di ruqiyah.

      Hapus
  3. Ngabuburit memang sangat di gemari oleh setiap orang pada bulan ramadhan karena dengan ngabuburit kita dapat merasakan waktu lebih cepat datangnya adzan . walaupun itu cuma perasaan doang sihh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asal ngabuburitnya jangan lihat yg seksi seksi aja.

      Hapus
  4. ramadhan waktu gue masih kecil lebih seru daripada sekarang,
    masih ada para tetua :( skarang dah ga asik... huhuhuhuhuhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda zaman ran.. :)
      Mungkin karna sekarang kita udah gede. Udah waktunya ngebahagiain yg kecil2. Kita bentar lagi juga tua. :)

      Hapus
  5. Mengenai papajar, saya orang sunda tapi baru denger lo ya, pergi ziarah artinya, iya emang suka ada yang kayak gitu di sini juga... :D

    Subhanalloh, itu yang foto kapan kenalin ke mama kamu, aduh mau banget dong... witwiw... hehehehehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang org mana bang?

      Udah gw kenalin bang.. Dua2 nya mau.

      Hapus
  6. Satu lagi, cari alasan buat jawab di keluarga besar nanti kalau ketemu. Kapan kawin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawab aja.. "Entar maghrib, ma.."

      Hapus
  7. Ow... Istilahnya Papajar ya bro. Gue baru tau, sih. XD Sering jalan-jalan ziarah juga, tapi namanya gak tau apaan. XD Ngebahas ini, kok gue jadi kangen rumah. pengen pulang. :'(

    Semuanya sih, gue setuju banget. Apalagi yang terakhir. Serius. Tahun kemaren gue mulai dikodein dgn pertanyaan "Kok sendiri bawa motornya?"
    Yakin deh, tahun ini bakal ada pertanyaan "Eh, udah tamat kuliah kapan nikahnya?"

    *Pura-pura ilang. XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pulang bang pulang...

      Kalo gitu jawab aja: "anak jalanan lagi gak tayang ma.. Jadi jalan sendiri."

      KAPAN NIKAH?

      Hapus
  8. Ada yang kurang, wisata kuliner (buka puasa bersama teman)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ooh.. Wisata kuliner yg siang2 itu yah.. Iyah, seger tuh.

      Hapus
  9. Ngabuburit bareng dong yang pasti :D hihihihi

    BalasHapus
  10. satu lagi bro, kepoin masjid yang punya menu buka dan sahur yang ada nasi kotaknya

    BalasHapus
  11. Wahahahaha itu yang terakhir kasian banget. Kapan nikaaah? Kapan nikaah?
    Menurut gue tuna asmara itu ngenesnya ga cuma pas lebaran, tp pas sahur gaada yang bangunin juga *eeaaa

    Btw papajar kalau di tempat gue namanya biasa aja sih, nyekar.. gitu.

    BalasHapus
  12. Paling nganu banget tuh yang pertanyaan "Kapan nikah" Bang!! HAhah

    BalasHapus
  13. Yang paling ngeri itu poin no 7 "Resahnya para tuna asmara",,,

    BalasHapus

Hai! Terimakasih telah berkomentar.

Copyright © Dian Hendrianto

Design by Anders Noren | Theme by NewBloggerThemes.com | Edit By DND