A Personal Blog By @dianhendrianto

Kamis, 14 April 2016

Selamat ulang tahun Guruku, wilman septiana

Sumber: tanyakata.net

Masa SMA emang gak ada habisnya buat dikenang, terlalu indah. Dihukum bersihin wc pun kalo di inget-inget jadi indah aja. gak tau kenapa.

Kilas balik waktu SMA gue dulu, ada salah satu orang yg gue kagumin, dia adalah salah satu guru yg menurut gue menjanjikan, bukan hanya soal pelajarannya. Tapi sikap dimana pendidikan karakter itu penting. Beliau adalah guru pelajaran bahasa inggris di kelas 10 dan 11 (kelas satu & dua), dalam setiap pelajarannya, beliau gak pernah bikin murid-muridnya stress, kadang selalu bawa gitar, petikan akustik dari belakang ruang kelas menjadi pelajaran tambah rileks dan terkadang curhat tentang hidupnya yg udah-udah.

Entah kenapa, cerita-cerita beliau itu masih gue inget dari pada pelajaran lain atau pelajarannya, padahal nulis "aku lagi bosan" dalam bahasa inggris aja sampe sekarang kadang masih salah, i am boring  yg seharusnya i am bored.

Setiap jam pelajarannya, terkadang di isi hal-hal yg menurut gue  berguna buat kedepannya. Pernah saat pelajaran dimulai, gue seneng karna bakalan nonton video bareng, yg gue tonton sama temen-temen sekelas itu film india. Bukan kalhonaho atau film india yg joget-joget sama pohon lainnya, tapi film yg mendidik, edukasi kehidupan, filmnya amir khan; 3 idiot dan satu lagi gue lupa judulnya, entarlah dicari di kakak gugel.

Dari film itu, beliau menjelaskan banyak hal, tentang harus bagaimana, harus melakukan apa dan hal-hal lain yg membuat gue berpikir; "oh.. Benar juga yah." hmm. Iya.." "bener bener.."
Bukan hanya itu, terkadang saat diluar pelajaranpun beliau selalu memberikan support pada murid-muridnya, Termasuk gue. 

Sosok seorang guru, menurut gue, bukan hanya sekedar menjelaskan pelajaran agar muridnya mengerti, karna jika hanya mengerti, bisa saja besok dia bisa lupa lagi, dan saat melupakan pelajaran itu, dia hanya bakal buka buku lagi. Tapi seorang guru, ialah yg mampu membuat seorang murid mengerti, paham dan ingat kejadian tersebut. Caranya bisa dengan menyisipkan suatu cerita hidup yg bermanfaat. Kayak "bapak, dulu itu pernah berandal, sekarang semua itu bapak sesali.." cerita sambil nulis dipapan tulis. Atau "gini yah, kalo kamu udah lulus.. Bla bla bla.. Dan bla"..

Yg seperti itu mungkin suatu saat nanti setelah lulus, seorang mantan murid bakalan inget, "dulu guru gue pas sma, pernah bilang gini, jangan gini, dan ternyata itu bener.. Gue inget pas dia lagi ngajar kayak gini.." ya, hal sederhananya seperti itu, sama hal yg dilakukan beliau.

Beliau adalah salah satu guru terfavorit disekolah, dengan wiabawanya, pembawaannya dan hal-hal yg patut disyukuri oleh gue karna pernah belajar darinya. Tentang hidup yg gimana mestinya. Gak nyerah gitu aja.

Sekarang ini, yg masih patut dicontoh dari beliau adalah kerja keras dan pantang menyerahnya, beliau sekarang masih melanjutkan pendidikan pascasarjana-nya di negeri paman sam sana (arizona state University) , meski meninggalkan anak istri (eh, udah punya baby kan pak? Mohon maaf sedikit pikun), tapi beliau tetap menginginkan pendidikannya gak berhenti di satu titik, beliau hanya yakin pada satu koma, lalu melanjutkan untuk sampai pada titik tertentu.


Selamat ulang tahun, pak Wilman septiana. 13 april


"Terimakasih atas pelajaran yg bapak berikan dulu, saya selalu mengingat hal-hal baik dari bapak, meski dalam hal pelajaran saya cukup bodoh mempelajarinya, tapi berkat bapak, Berkat motivasi bapak, Hal-hal kecil tentang kehidupan sebagian sudah saya terapkan. Sukses selalu pak, insya allah saya juga bakalan sukses, aamiin. Ya meski bapak mungkin lupa akan saya, tapi seorang guru bakalan di ingat selalu oleh muridnya pak, Hehe. Terimakasih"

Special thanks...
Sekali lagi, selamat ulang tahun, Guruku, pak Wilman septiana.
Mohon maaf jika ada salah-salah kata atau perbuatan. :)

Pak willman baju biru
See,,  I'm Willman. I'm just a will man

Yaps!! Itulah kilas balik masa SMA gue. Yg kebetulan 13 april kemaren bertepatan dengan ulang tahun beliau. Guru favorit gue.
Buat temen-temen, pasti ada juga seseorang yg mungkin selalu di ingat semasa hidupnya, atau pas sekolah ingat guru favoritnya juga, bisa diceritain dikolom komentar, gue yakin setiap orang punya kilas balik keren dalam hidupnya. :)

16 komentar:

  1. Tiap murid pasti punya guru favorit begitu juga aku punya guru favorit di sekolah dulu hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Guru favorite apa guru yg disuka nih.? Ahihihi

      Hapus
  2. Gurunya masih muda banget ya.
    emang kalo guru asik itu ya gini, bakal susah banget dilupain. sampe udah lulus sekalipun bakal masih sering mention-mentionan kaya temen sendiri main ledek-ledekan.
    dulu juga ada guru paling nyantai se indonesia raya. kalo pelajaran, anak-anaknya lagi males tinggal bialng. ngobrolin muncen aja pak muncen, sama main gitar. gurunya iya-iya aja. kalo mau nilai terserah muridnya minta berapa. kan nikmat.

    btw, itu kelas 11 sama 12 bukannya kelas 2 & 3 ya seharusnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaps.. Kayak gitu emang seru. Sosok kayak gitu malah yg gak bisa dilupain. Tapi lebih seru kalo ada hikmahnya.

      Ya ampun itu salah ngetik entar diganti. Ehe

      Hapus
  3. Gurunya muda y
    Kayaknya tuaan lu dian daripada beliau
    Ngehehehehe
    Guru paporit gw itu guru biologi
    Dari sma sampe sekarang masih ceng2an bae dimedsos
    Hbd buat pak will, men

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue masih muda nik -_-
      Berarti dia jago pesbukan yah. Guru favorit lo?

      Hapus
  4. Wah pak guru muda ni, pasti banyak ditaksir pelajar putri ni
    Jadi guru memang silit ya, nemong anak orang,...klo gagal...status dipertaruhkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh apaan tuh silit.. Typo typo.. Ahaha

      Hapus
  5. Pasti banyak fangirl nya nih guru muda, mah.

    Saya juga punya guru favorit. Guru itu---yang saya pernah dapat nilai ulangan terburuk di kelas dalam mata pelajarannya. Hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Matanya pada lihat kemana ini. Pada naksir kayaknya..
      Ahaha, dikasih nilai buruk malah jadi guru favorit, super sekali. Lulu :D

      Hapus
  6. Pak wilman masih muda yah? :)
    *salah fokus*

    Dulu gue juga punya guru favorit, namanya Bu Ratu dia guru sejarah pas SMP, gara" Dia gue jd pengen masuk SMA N 2 depok, karena yg gue denger dia ngajar disana juga, eh pas gue Dftr dan diterima di SMA 2depok dianya malah resign, Ya Allah miris

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lagi, ngincer muda.
      Lah.. Pas udqh masuk sekolahnya, dia malah resign? Kasihan kau madam :D

      Gue juga ada tuh yg difaviritin di depok, ayu ting2. Muahaha

      Hapus
  7. Waah pak gurunya kok keren. a kamu kalaah hahaa

    Selamat ulang tahun pak, semoga semakin menginspirasi murdi muridmu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini salah fokus lagi, lagi.. -_#
      Yapps.. Jadilah guru yg selalu menginspirasi muridnya. :)

      Hapus
  8. Gw malah lupa hampir semua nama guru :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. INGET-INGET LAGI.. dosa besar kau nak udah ngelupain pahlawan tanpa tanda jasa. Ahaha

      Hapus

- No live Link
Gue lebih menghargai kalian yg baca meski gak komentar, daripada komentar tapi gak baca. haha becanda, yaudah sok atuh komentarnya.
salam @dianhendrianto

Kategori populer

Temen-temen

Copyright © dianhendrianto.com

Design by Anders Noren | Theme by NewBloggerThemes.com