A Personal Blog By @dianhendrianto

Rabu, 20 Januari 2016

Kisah Lainnya - Review

Sabtu, 7 oktober 2012 adalah waktu yg cukup berharga dan memiliki banyak kenangan di dalamnya. Begitu kenangan-kenangan itu yg selalu membuat gue kangen mereka. Yap! Hari sabtu itu adalah hari dimana gue dan temen-temen pergi study tour sekolah dari cianjur-bandung. Kenapa gue inget banget hari itu, karna waktu itu gue juga sempet beli sebuah buku, 3 sekawan temen-temen gue. Ali, Zeni dan gue membeli buku yg dibuat oleh band idola gue, ARIEL UKI LUKMAN REZA DAVID. ya mereka adalah band NOAH (sekarang). Buku lama ini selalu gue baca sampai kusut, bertahun-tahun tersimpan dalam laci, dan sekarang baru gue buka lagi dan sekarang gue akan review buku ini, Kisah Lainnya.
Dengan sampul merah dan logo bulu terpampang jelas disitu, lembaran demi lembaran yg selalu memberikan pelajaran. Buku ini menceritakan kisah mereka masing-masing, tentang keberanian menghadapi persoalan dengan kepala tetap tegak.

'Yg terucap akan lenyap, yg tercatat akan teringat', kata itu yg selalu gue inget dari buku ini, apapun yg kita ucapkan pasti gak bakalan bertahan lama kita ingat, terlupakan. Tapi jika kita tuliskan pasti bakalan ingat kembali. Lupa..baca..ingat.. Dan seterusnya begitu.

Kisah pertama adalah kisah Ariel, vokalis band. Dimana saat dia harus siap dengan segala intervensi, spekulasi, dan lain-lainnya dari orang-orang diluar sana. Cerita tentang saat dirinya terkena kasus video asusila yg tersebar di internet, sampai cerita dimana dia menjadi  tahanan bareskrim.

"Lalu kau injakkan kakimu untuk pertama kali disitu. Kau mencoba untuk tenang, namun jantungmu berdetak keras. Kau mencoba menguatkan diri tapi tanganmu bergetar. Pukul 2 pagi ini, setelah hari yg menegangkan dan menguras semuanya, membuat badan dan pikiran berjalan tidak searah. Pikiranmu tidak lagi menguasai badanmu, dan badanmu enggan mengendali pikiranmu". Ariel
Selama dibareskrim ariel bertemu dengan berbagai macam orang dan hal-hal lainnya, disini gue tau kalo penjara gak selalu suram, banyak pelajaran yg didapat. Itung-itung kita mendewasakan diri, dan memperbaiki penyesalan yg sudah diperbuat sebelum kembali berhadapan dengan dunia luar.

Halaman demi halaman dalam buku ini semuanya berkesan, dimana lanjutannya adalah kisah awal semula band peterpan didirikan oleh Andika, indra, ariel, uki dan lukman. Sampai perpecahan peterpan dan bangkit setelahnya.

Dari kisah lukman yg flashback tentang cerita awal mula bertemu dengan ariel, cerita uki yg mendirikan band astoria, kisah david yg koma dan harus dioperasi karena penyakitnya dan cerita reza yg semakin mendalami agamanya.


"Ketika kopi dan gula  diseduh dengan air panas, lalu diaduk dengan sendok, ketiga unsur tersebut saling bercampur. Dalam keadaan seperti itu, kita tidak bisa menikmati bagaimana rasanya minuman tadi. Tetapi, kalau sabar menunggu sebentar, semua kenikmatan dari kopi akan muncul karena ampasnya kini sudah ada didasar gelas"


Pikiran manusia, kata Reza, harus diaduk dulu untuk mendapatkan yg terbaik. Agama membenturkan semua pikiran manusia dan meleburnya menjadi pikiran baru. Kira-kira itulah yg dirasakan reza dalam tulisannya dalam buku ini, dia mendapatkan ketenangannya.
Masih banyak kisah-kisah yg dituliskan dibuku ini, tentang sahabat, kerja keras dan hal-hal positif yg harus dipelajari, kisah lainnya.

Puisi di akhir cerita
Tentang takdir dan kehidupan


"Pada saat masalahmu menghampirimu, janganlah berkecil hati.
Itu adalah pasangan hidupmu
Itu adalah takdirmu
Sesuatu yg sudah dipersiapkan untukmu, bahkan sebelum kau dilahirkan
Itu adalah pelengkap hidupmu,
Itu adalah gurumu, maka cintailah dia
Penilaian Tuhan tidak dimulai saat kau menerimanya
Karena semua orang akan menerimanya, tanpa terkecuali
Selayaknya seperti orang-orang sebelummu
Jangan pernah berusaha menolak kesalahanmu
Terimalah itu sebagai bekalmu, untuk perjalanan panjangmu
Justru kesalahanmu dimulai ketika kau menolak menerima kesalahanmu
Sedangkan kau menyadarinya
Lapangkanlah dadamu, sehingga luas, tempat untuk ilmu yang berguna
Penilaian Tuhan dimulai saat kau memperbaikinya. "



 Lalu apa yg didapat dari buku ini?
Dulu, gue beli buku ini karena gue ingin peterpan tetap ada di belantika musik indonesia, tidak mati. Masa SMA adalah masa dimana gue sangat nge-fans banget sama peterpan. Karya harus dihargai, dan dengan membeli karya mereka seperti CD original dan karya lainnya, gue yakin mereka bakalan tetap eksis. stop membajak guys.

Dari buku ini belajar kerja keras meski belum tentu berhasil, belajar arti dari persahabatan, belajar menerima kekurangan, belajar menghadapi masalah dengan otak dingin meski didalam dada terasa panas dan bangkit saat kita terjatuh, tidak menyerah dalam keadaan apapun. Dan yang paling penting adalah saat kita melakukan kesalahan, maka janganlah menghindar dari kesalahan tersebut, tetapi kita harus menghadapinya sampai selesai.
Masa SMA
"Seaneh apapun kehidupan saya, saya tetap mensyukurinya, karena kehidupan itu sendiri sebenarnya adalah sebuah keajaiban". Ariel.

23 komentar:

  1. Suka ama quote nya " Yang terucap akan lenyap dan yg tercatat akan diingat"

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap! kira-kira seperti itulah, sekuat apapun kita mengingat sesuatu, pada akhirnya bakalan lupa juga, kecuali tercatat-kan :)

      Hapus
    2. aku juga setuju banget sama quotes ini, mau komentar di bawah tp udah keduluan ada yg komentar hhi

      Hapus
  2. kisah gw diceritain juga g disitu, gw kan tukang nyolokin kabel sama jaga sendal pas peterpan latian

    BalasHapus
    Balasan
    1. percuma nik, cerita lu cuma bentar, yg bagian kesetrum, terus mati.. MUAHAHAA

      Hapus
  3. "Pada saat masalahmu menghampirimu, janganlah berkecil hati" kata yang biasa biasa saja namun penuh makna dan kata yang banyak di cari orang

    BalasHapus
    Balasan
    1. seperti itulah yg tertulis dalam buku ini mas imam.. selalu memiliki makna yg mendalam. ehehe

      Hapus
  4. dan.. puisinya.. yang di akhir itu. entah siapa yang buat, aku jatuh cinta sm puisinya.

    aku sendiri nggak suka sama buku beginian, karena basicnya suka novel dan review novel, hhaa. tp btw nice review, coba lain kali review buku yang km suka tp bukan karna km fansnya.. aku pengen baca another review mu yah yang netral yang nggak sebagai fanss

    BalasHapus
    Balasan
    1. puisi kayaknya karya ariel.. soalnya keseluruhan tulisan dibuatnya.

      awalnya memang karna fans, tapi setelah dibaca muter-muter gue suka buku yg kayak gini, kisah yg pernah dialami, seperti ariel, shitliciuos, ataupun juga radityadika. lail :)

      Hapus
  5. "Yang terucap akan lenyap, yang tercatat akan teringat" Ini saya maknai bahwa sebuah tulisan itu abadi sifatnya. Laiknya ketika belajar di kelas, untuk memudahkan mengingat apa yang diterangkan oleh guru itu dengan dicatat, bukan?

    no comment sih kalau masalah review. karena selama ini aku sendiri belum pernah me-review sebuah buku. niatan mau mencoba sih ada kok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap kira2 seperti itulah quote itu diartikan..

      Kalo masalah review buku, jgn terlalu di komen lah.. Ini baru pertama kali nge-review. Mungkin dilihatnya gak kayak review-an yah.. Muehehe...

      Hapus
  6. menarik nih storynya, jadi pensaran ane isi full dalemnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. gatau masih beredar enggak di gramedia,, udah lama bangt nih buku :D

      Hapus
  7. "Jangan pernah berusaha menolak kesalahanmu
    Terimalah itu sebagai bekalmu, untuk perjalanan panjangmu
    Justru kesalahanmu dimulai ketika kau menolak menerima kesalahanmu
    Sedangkan kau menyadarinya
    Lapangkanlah dadamu, sehingga luas, tempat untuk ilmu yang berguna"

    Kutipan ini kiranya membuat saya mengerti bagaimana ariel waktu itu..

    BalasHapus
  8. banyak kata-kata bijak yang inspiratif ya di buku ini. tentunya bukan hanya sekedar kata, karena kata-kata tersebut lahir dari proses panjang yang dialami masing-masing penulisnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti gue termasuktermasuk kedalam buku itu yah.. Kan gue tulisin disini juga.. Muehehe

      Hapus
  9. yang terucap akan lenyap dan yang tercatat akan di ingat. keren banget dah

    BalasHapus
  10. kata-kata inspiratif bagus

    BalasHapus
  11. kelemahan saya membaca buku bertemakan puisi dan tulisan sastra.... baca novel aja jarang kelar hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu masalahnya, gak dikelarin.. Ahaha..

      Hapus
  12. Gue lebih menghargai kalian yg baca meski gak komentar, daripada komentar tapi gak baca.
    haha becanda, yaudah sok atuh komentarnya...

    Saya suka itu ... keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok.. Thanks kalo udah baca.. Muahaha.

      Hapus

- No live Link
Gue lebih menghargai kalian yg baca meski gak komentar, daripada komentar tapi gak baca. haha becanda, yaudah sok atuh komentarnya.
salam @dianhendrianto

Kategori populer

Temen-temen

Copyright © dianhendrianto.com

Design by Anders Noren | Theme by NewBloggerThemes.com